Senin, 11 Maret 2013

SELAYANG PANDANG DKM AS-SALAMUN

Ilustrasi
Assalamu’alaikum wr. wb.

Pertama-tama puji syukur kita panjatkan kehadirat Alloh SWT. yang telah memberikan berbagai kenikmatan kepada kita semua.

Untuk mengenal Dewan Keluarga Masjid As-Salamun Pembaca dapat mengikuti informasi di bawah ini.



Pendahuluan 

Sebelum bangunan masjid As-Salamun berdiri permanen, diawali oleh kegiatan para pegawai muslim yang taat dan memerlukan tempat ibadah sholat. Agar dekat dan tepat waktu, maka di tempat kerja didirikan mushola dengan memanfaatkan bangunan bekas gudang tua berukuran 2x3m.

Sejalan dengan kebutuhan dinas dalam rangka pembinaan umat, syiar Islam, dukungan spiritual kepada pasien beserta keluarganya dan masyarakat umum di lingkungan Rumah Sakit Angkatan Udara Dr.M.Salamun, sekelompok umat muslim tergerak hatinya untuk mengadakan sebuah bangunan masjid permanen yang dapat digunakan oleh segenap pegawai, pasien, keluarga, pengunjung serta masyarakat umum di sekitarnya.

Gayung bersambut, Pimpinan Rumah Sakit merespon dengan memberikan dukungan berupa segala sesuatu yang dibutuhkan untuk syarat berdirinya sebuah bangunan masjid.
Maka secara bertahap; fisik masjid ini dibangun/disempurnakan, dipilih personel untuk mengelola, serta diisi dengan berbagai macam kegiatan untuk memakmurkannya. 

Letak Geografis

DKM As-Salamun terletak di dalam kompleks bangunan Rumah sakit Angkatan Udara Dr. M. Salamun. Lokasi di bagian Utara Kota Bandung, alamat Jalan Ciumbuleuit no. 203, Kelurahan Ciumbuleuit, Kec. Cidadap, Kota Bandung. Posisi pada 6’51’52.19”LS dan 107’36’16.79”BT dengan elevasi ketinggian lebih kurang 884 meter dari permukaan laut, udara sejuk 24ºC - 30ºC, berdekatan dengan lokasi Bukit Punclut sebagai pusat wisata olah raga alam dan kuliner.

Pembentukan Organisasi 

Sampai dengan tahun 1978 kegiatan ibadah sholat para pegawai muslim Rumah Sakit dilaksanakan di ruangan masing-masing yang bersangkutan. Diawali ajakan almuharom H. Ade Entom (alm), H. Oom Hernayan (alm), H. Dewi Wiarsih, bersama teman-teman muslim berinisiatif mengadakan sholat dhuhur berjamaah bertempat di gudang tua yang telah dibersihkan dan di cat. Dengan fasilitas yang seadanya (contoh: alas yang dipergunakan adalah tikar bekas pemulasaraan jenazah yang dibersihkan dan disterilkan), namun ibadah tetap dapat dilaksanakan dengan khusu.

Secara bertahap dan berkesinambungan kegiatan ini dilaksanakan dengan meningkatkan fasilitas, personel pengelola dan mengadakan hubungan-hubungan antar lembaga terkait. Pengelolaan dan koordinasi dalam melaksanakan ibadah terus digalang.

Organisasi non formalpun dibentuk.

Para pengelola non formal sejak awal kegiatan pada tahun 1978 s.d. dibentuknya Dewan Keluarga Masjid pada tahun 2007 secara berturut-turut adalah: H. Ade Entom (alm), H. Oom Hernayan (alm), Ust. H. M. Rudiman, H. Apep Saepudin, Ust. H. Dadang Saepul Hidayat, M.Si, Apt, beserta para aktifis seperti : Kolonel Kes. Dr. H. Dentjik Kosim, SpRad, Zr. Hj. Henasri, Yatna Supriyatna, Mudibyo WHS, S.AP, MM, Kolonel Kes Drs. H. Johny Herlambang, MH, Letkol Kes. Dr. Bambang Gunadi, SpRad, MARS, Ust. Purwanto, Ust. Ade Mumad Hidayat, S.Ag, Ust. Dede Habib, dll.

Beriringan dengan pembangunan fisik masjid, diusulkan kepada pimpinan untuk pemberian nama masjid dan pembentukan DKM.
Berdasarkan Surat Keputusan Kepala Rumah Sakit Angkatan Udara Dr.M.Salamun Nomor Skep/48/XII/2007 tanggal 3 Desember 2007 tentang Pemberian Nama Masjid Dan Pembentukan Susunan Organisasi Dewan Keluarga Masjid Rumah Sakit Angkatan Udara Dr.M.Salamun yang ditandatangi oleh Kolonel Kes. Dr. H. Muhammad Fachrudin Mulyono, SpTHT-KL, maka ditetapkanlah nama masjid “AS-SALAMUN” dan pembentukan DEWAN KELUARGA MASJID AS-SALAMUN yang pertama.

Dengan adanya dinamika organisasi, kepengurusan dan perubahan regulasi tentang zakat yang harus dikelola oleh satu lembaga yang ditunjuk berdasarkan perundang-undangan yang berlaku, maka berdasarkan Keputusan Kepala Rumah Sakit Angkatan Udara Dr.M.Salamun Nomor Kep/15/VIII/2010 tanggal 2 Agustus 2010 tentang Perubahan Struktur Organisasi Dan Susunan Kepengurusan Dewan Keluarga Masjid As-Salamun, Serta Penggabungan Lembaga Amil Zakat Menjadi Unit Pengelola Zakat Dibawah Dewan Keluarga Masjid As-Salamun, yang ditandatangani oleh Kolonel Kes. Dr. H. Maryunani S., MS, SpKP, maka dirubahlah struktur kepengurusan DKM dengan menempatkan personel yang dianggap kompeten dan berpengalaman, serta penggabungan Lembaga Amil Zakat Rumah Sakit menjadi Unit Pengelola Zakat di bawah pengelolaan DKM As-Salamun. 

Kepengurusan

SUSUNAN PENGURUS DKM AS-SALAMUN
PERIODE PERTAMA TH. 2007-2010

Pelindung                   :  Kepala Rumah Sakit Angkatan Udara
                                    Dr.M.Salamun
Penasehat                  :  Dr. H. Mochamad Daradjat, SpAn
                                   Dr. H. Fachturochman, SpJP
Ketua                        :  Wargono, S.Kep
Wakil Ketua               :  Agus Cakrahayat, S.Kep, Ners.
Sekretaris                  :  Mudibyo W.H.S., S.AP, M.M.
Bendahara                 :  Eddy Mulyadi, SP, M.MKes
Seksi Da’wah              :  Yatna Supriyatna
                                   Yahya
                                   Ust. Usep Rachmat
Seksi Sarpras              :  Asep Pardi
                                :  Maman Rukmana
                               
       
SUSUNAN PENGURUS DKM AS-SALAMUN
PERIODE KEDUA TH. 2010- SEKARANG

Pelindung                   :  Kepala Rumah Sakit Angkatan Udara
                                    Dr.M.Salamun
Penasehat                  :  Dr. H. Mochamad Daradjat, SpAn
                                    Dr. H. Fachturochman, SpJP
                                    Dr. H. Iskandar, SpPD
Ketua                        :  Supriyanto, SKM
Wakil Ketua               :  Agus Cakrahayat, S.Kep, Ners
Sekretaris                  :  Mudibyo W.H.S., S.AP, M.M
Bendahara                 :  Zr. Erna Multianingsih
Unit Pengelola Zakat   :  Purwanto
Bagian Da’wah & Diklat:  Yatna Supriyatna
                                      Ust. Dede Habib                                
                                      Ust. Usep Rachmat
Bagian Usaha             :  Eddy Mulyadi, SP, M.Mkes
                                   Zr. Fitri Wahyuni, A.Md.Kep
Bagian Humas            :  H. Nurochman, AMF
Bagian Umum             :  Asep Pardi
                                :  Maman Rukmana
Panitia Pembangunan  :  Ikin Tasikin, S.Pd, S.Kep, M.M.
                       
Kegiatan

Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan ialah:
1.   Fisik, restorasi bangunan masjid menjadi dua lantai (sedang berlangsung) yang rencananya dapatmenampung lebih-kurang 500 orang jamaah, perpustakaan, tempat wudlu, kamar petugas, taman dan melengkapi fasilitas lainnya.
2.    Pertemuan Majlis Taklim As-Salamun setiap malam Jum’at.
3.    Kuliah dhuhur satu minggu sekali.
4.    Pembinaan mental pegawai.
5.    Penyelenggaraan tahunan sholat Idul Fitri dan Idul Adha
6.    Sholat Jum’at berjamaah.
7.    Spiritual Care untuk pasien yang dirawat.
8.   Pengelolaan zakat mal, zakat profesi, zakat fitrah, infak dan sodakoh    dari Pegawai Rumah Sakit.
9.    Pengelolaan dan penyaluran Qurban.
10.  Bakti sosial.

Penutup

Demikianlah Profil singkat yang dapat kami sampaikan, mudah-mudahan pekerjaan pengurus dapat diterima dan mempunyai nilai ibadah di hadapan Alloh SWT.

Doc. By Bio.